Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Senin, 05 Februari 2018

Sebutkan Tugas dan Wewenang Wasit Dalam Permainan Sepak Bola

Sebutkan Tugas dan Wewenang Wasit Dalam Permainan Sepak Bola !

Pembahasan :
Dalam pertandingan sepak bola, terdapat 3 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki wewenang penuh dalam setiap permainan bola kaki. 

Berikut tugas dan wewenang wasit dalam permainan sepak bola :
1. Wasit mengontrol penuh jalannya pertandingan. Semua keputusannya dibantu oleh perlengkapan yang dibawa olehnya dalam suatu pertandingan, diantaranya:

- Peluit, menjadi barang paling penting. Dengan peluit, wasit bisa menyetop/memulai pertandingan, karena berbagai kondisi. Misal, sudah habis waktu, sudah waktunya dimulai, ada pelanggaran, cuaca kurang mendukung, kerusuhan suporter, protes keras tim dan official, dan lain lain.

- Kartu. Setiap wasit dibekali dua kartu, kartu merah dan kuning. Kartu kuning untuk pelanggaran berat, sementara kartu merah untuk pelanggaran sangat berat, atau sudah mendapat dua kartu kuning.

- Jam tangan. Ada dua tipe jam pada tangan wasit. Satu adalah jam tangan biasa untuk menunjukkan waktu normal, dan satunya lagi adalah stopwatch untuk memberi pertimbangan berapa menit waktu tambahan.

- Diluar starter wajib diatas, masih ada perlengkapan wasit seperti microphone untuk keperluan komunikasi dan spray untuk menandai titik tendangan bebas dan posisi pagar betis.

2. Mengeluarkan pemain
Tugas wasit memang harus adil, wasit harus bisa mengeluarkan pemain yang memang melakukan kesalahan dan mengganggu pemaian lainnya. Di tandai wasit memberikan kartu merah yang tandanya pemain harus keluar dari lapangan permainan.

3. Menjaga sisi bola
Wasit memang ada beberapa di setiap permainan bola kaki. Nah setiap wasit memang memiliki tugas sendiri-sendiri. ada tugas wasit yang di tengah, pinggir dan sebagainya. Wasit juga akan mengikuti pergerakan setiap bola tetapi wasit tidak akan menendangnya. Ia hanya akan melihat di mana terjadi pelanggaran. Nah wasit di sisi lapangan ini memiliki tugas untuk mengambil bola yang ke luar lapangan atau membantu pemaian yang terkena pendangan penalti.

Tugas wasit yang lain diantaranya :
4. Memberi hukuman kepada pemain yang melakukan pelanggaran dalam pertandingan.
5. Mengawasi jalan nya pertandingan 
6. Memberi sanksi terhadap pemain. yang melanggar peraturan... 
7. mencatat jenis pelanggaran 
8. enentukan keadilan saat pertandingan berlangsung. Sumber Pembahasan Buku Paket Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan.

Bagaimana cara penanggulangan PMS terhadap masyarakat?

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat dan terpercaya.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top