Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Kamis, 15 Februari 2018

Sebutkan Cara Meningkatkan Kecepatan Lari Sprint Pesepakbola

Sebutkan Cara Meningkatkan Kecepatan Lari Sprint Pesepakbola ?

Pembahasan :
Lari Sprint merupakan salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan fisik seorang pemain sepak bola. Mari kita bahas latihan cara meningkatkan kecepatan lari sprint pesepakbola melalui beberapa cara yang ada di bawah ini:

Berikut ini beberapa bentuk latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan gerak :
  • Lari cepat (sprint) dengan jarak 40 sampai 60 meter 
  • Berlatih lari dengan mengubah-ubah kecepatan (Dari lambat kemudian dipercepat secara mendadak, kemudian diperlambat lagi, dipercepat lagi, dan seterusnya)
  • Lari sprint berulang-ulang dua kali dengan jarak 25 meter
  • Lari sprint berulangulang tiga kali dengan jarak 20 meter
  • Lari sprint secara berulang-ulang lima kali dengan jarak 10 meter
  • Lari menaiki tangga.
  • Lari naik turun bukit
  • Memperbaiki Teknik Lari Sprint
Selain berlatih, memperbaiki teknik berlari juga perlu di lakukan agar kecepatan sprint seorang pemain sepak bola dapat meningkat. Berikut trik-trik memperbaiki teknik lari sprint:

1. Bertumpu Pada Bola Kaki
Cobalah berlari tanpa alas kaki dan bertumpu pada bola kaki, ini akan membantu meningkatkan kecepatan lari.

2. Perbanyak Langkah
Langkah dapat diperbanyak dengan cara melangkah dengan jarak yang lebih pendek, ini akan lebih baik dalam meningkatkan kecepatan lari di bandingkan melangkah dengan jarak yang lebat. Lagkah yang terlalu lebar akan membuat postur tubuh menjadi salah. Selain itu, berlari dengan langkah yang pendek akan menjaga anda dapat bernapas dengan baik.

3. Condongkan Tubuh Sedikit Ke Depan
Miringkan sedikit tubuh akan membantu anda lari cepat. Posis tubuh yang tidak condong ke depan adalah salah satu penyebab lari menjadi lambat.

4. Gerakan Lengan
Gerakan lengan akan memompa kaki dan menggerakan tubuh ke depan. Bentuk huruf L dengan tangan. Telapak tangan di kepal lalu di tarik sampai ke dagu dan ditarik kembali dengan siku.

5. Dorong Badan 
jangan memperlambat lari saat sprint. Terus dorong tubuh anda  ke depan agar kecepatan meningkat. Bila perlu lakukan sprint dengan sedikit lambat kemudian tingatkan kecepatan sedikit-demi sedikit dengan cara mencondongkan tubuh ke depan.

6. Bernapas Dengan Baik
Selaraskan napas dengan langkah anda. Ketika otot terasa lelah, bernafas lebih dalam. Tarik napas setiap bersaamaan saat anda bergerak, karena ini akan menghindari anda dari lelah dan kehabisan napas yang akan membuat kecepatan lari menurun. Sumber Pembahasan Buku Paket Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan.

Bagaimana cara penanggulangan PMS terhadap masyarakat?

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat dan terpercaya.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top