Jawaban SoalMu

Mengerjakan soal dengan mudah, dari sumber yang akurat dan terpercaya
Tidak Perlu Ribet-Ribet Baca atau Browsing sana-sini by Mr-ARU

Kamis, 15 Februari 2018

Sebutkan beberapa syarat atau hal dasar yang harus dimiliki untuk menjadi Penjaga Gawang (Kiper) Hebat

Sebutkan beberapa syarat atau hal dasar yang harus dimiliki untuk menjadi Penjaga Gawang (Kiper) Hebat ?

Pembahasan : 
Kiper adalah pemain yang bertugas menjaga gawang pertahanan tim agar di mana ia harus menghentikan bola yang ditembakkan oleh lawan sehingga tidak terjadi gol. Mari kita bahas beberapa syarat atau hal dasar yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penjaga gawang (kiper) hebat. 

1. Bertubuh Besar dan Tinggi
Seorang kiper tentu harus memiliki postur yang besar dan tinggi. Karena ini berkaitan dengan tugas utamanya untuk menangkap dan menghentikan bola yang ditembakan oleh lawan ke gawang pertahanannya.

2. Powerfull (Daya Tahan Tubuh Kuat)
Aktivitas seorang kiper cukup berat dan menguras tenaga, oleh karena itu seorang kiper harus memiliki tubuh yang kuat serta daya tahan fisik yang kuat.

3. Tangan Harus Terlatih, Cepat dan Kuat Untuk menangkap Bola
Seorang kiper lebih banyak bekerja menggunakan tangan untuk menghentikan bola, maka tangan harus kuat dan tidak ada cidera.

Hal-Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Kiper Yang Hebat :
1. Keberanian
Seorang di tuntut untuk berani dalam mengantisipasi dan mengambil bola yang melambung ke arah gawangnya. Selain itu, haru berani beradu badan dengan pemain lainnya.

2. Determinasi
Harus mampu dalam pengambilan keputusan dan kecepatan (determinasi). Jika tidak memiliki determinasi yang baik, lawan akan mudah menembakkan bola ke gawang.

3. Penglihatan yang tajam.
Penglihatan yang baik dan tajam sangat vital bagi seorang kiper. Mata yang baik akan membantu kiper menjalankan tugasnya dengan baik, mulai dari melakukan umpan panjang, mempredikisi arah bola serta membaca gerakan penendang penalti dari mata si penendang. 

4. Teknik Handling
Teknik handling sangat penting bagi seorang kiper, apbila memiliki kemampuan handling yang baik tentu akan mempermudah dalam menangkap bola.

5. Teknik Jumping, Picking dan Daya Jangkau
ketiganya harus dikuasai seorang kiper. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan daya jangkau, yaitu sejauh mana seorang kiper dapat melompat dan meraih bola.

6. Posisi
Seorang kiper juga harus pandai memposisikan tubuh. Semakin baik posisi yang ditempati akan semakin mudah dalam menghindari serangan lawan. Oleh karena itu kiper harus cermat dan memperhatikan cara berpijak. Jarak tubuh dari gawang, dan berada pada sudut berapa dan dimana kira-kira lawan akan membidik dari posisi yang ditempati oleh seorang kiper.

7. Refleks
Reflek adalah point yang sangat penting untuk menjadi seorang kiper. Refleks merupakan kecepatan bereaksi terhadap bola yang sering berubah arah karena deflect atau hal lain.

8. Konsentrasi
Seorang kiper harus fokus setiap saat agar tidak terjadi gol mendadak tanpa tangkisan. 

9. Skill Intersepsi
Intersepsi ialah kemampuan membaca arah bola dan mengcover sudut. Skill Ini sangat penting bagi seorang kiper karena akan diperlukan saat akan menutup sudut, sehingga lawan semakin sulit menembakan bola. Sumber Pembahasan Buku Paket Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan.

Bagaimana cara penanggulangan PMS terhadap masyarakat?

Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat dan terpercaya.

Untuk soal dan pembahasan yang kurang jelas atau terdapat jawaban pembahasan yang lebih tepat, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT !!!

 
Back To Top